2 jam sebelum andi makan hujan turun, dan 5 jam setelahnya hujan reda, jika 1 jam sebelum sekarang adalah tepat 1,5 jam redanya hujan, maka jam berapa andi makan jika pukul 19.30 adalah 2 jam lagi dari sekarang .?????
coba tebak dulu 2 pertanyaan diatas, dan baru lihat jawabanya dibawah...
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Jawab...
==> 1
- Fakta pertama, Hari ini minggu
- fakta kedua, kemarin sabtu
- maka 2 hari setelah sabtu adalah Senin
==> 2
- Fakta pertama, Andi makan pada saat hujan turun tepat 2 jam
- Kalimat "5 jam setelahnya hujan reda", merupakan titik terawan dalam pembacaan logika. Setelahnya, setelahnya siapa? mulai hujanya atau andi makan? coba cermati perlahan kalimat sebelumnya "2 jam sebelum andi makan hujan turun". Siapa yg menjadi subjeknya? andi apa hujan?
- Fakta ke-2, Andi sebagai subjeknya, hujan sebagai keteranganya. maka setelahnya yg dimaksud adalah setelahnya andi makan
- Fakta ke-3, sekarang pukul 17.30 -->lihat kalimat terakhir
- Fakta ke-4, hujan reda pukul 17.30-(1 jam + 1,5 jam)=15.00 -->lihat kalimat ketiga
- Fakta ke-5, andi makan jam 10.00 -->lihat fakta ke-2
Serangkaian logika diatas merupakan landasan dasar bagi para peminat programer. dan disetiap implementasinya dalam bahasa pemrograman adalah dengan menggunakan "IF", namun dalam metodenya berbeda beda.
Khusus untuk delphi silahkan download contoh programya dibawah ini :
Komenya di tunggu......
2 Comments
berbeda jauh lah logika diatas ma pemrograman...yg diatas ITU LOGIKA TES IQ EQ untuk ketelitian dan sedikit sentuhan logika dan untuk merangsang otak dalam menanggapi dan mencari apa yg terjadi di lingkungan sekitarnya..bukan pemrograman...dalam pemrograman itu yg membingungkan percabangan yg bolak balik..:(
ReplyDeletebagus sekali tanggapanya...
Deletedari postingan dan tanggapan dapat disimpulkan bahwa logika yg bagus adalah modal awal yg besar untuk menjadi programer yg handal dan bijak.
memang benar jika logika percabangan/pemilihan merupakan hal yg paling terlihat dalam pemrograman, tapi alurlah yg memegang kendali percabangan itu sendiri.
dengan cara apa kita tau alur itu atau kita dapat menemukan alur itu.?
DENGAN MENCARI FAKTA mengenai apa yg akan kita implementasikan ke program yg akan kita buat.
kesimpulan:
hal pertama yg harus dikuasai seorang programer adalah analisis data (tak perlu jago yg penting tau alurnya)
kedua mampu untuk mengimplementasikan ke dalam program (disini tempatnya logika percabangan bergerilya)
ketiga bertanggung jawab dngan program yg telah dihasilkan (maintaince)
Komentar Kalian penyemangat Kami..!!!